Rumah Adat Sumatera Barat Dan Keunikan Menurut Sejarah

Diposting pada

bacaaja.id – Rumah Adat Sumatera Barat Dan Keunikan Menurut Sejarah, berbagai macam suku dan budaya yang terdapat di Indonesia yang masing – masing mempunyai ciri khas dan keunikan tersendiri. Salah satunya seperti di Sumatera Barat yang terkenal dengan rumah adatnya yang khas dengan atapnya berbentuk meruncing seperti gonjong.

Biasanya masyarakat di Indonesia sering menyebutnya sebagai rumah Gadang atau rumah Bagonjong untuk sebutan di daerah asalnya. Bentuk rumah adat ini menjadi ciri khas Sumatera Barat hingga digunakan oleh penganti wanita yang akan menikah menggunakan penutup kepala yang memiliki bentuk seperti atap rumah gadang.

Rumah Gadang ini terlihat sangat indah dan megah karena model bangunannya. Namun tahukah Anda bahwa rumah adat ini juga memiliki tipe yang berbeda-beda dengan ciri khasnya masing-masing? Meski memiliki desain yang mirip, rumah ini bisa dibagi menjadi beberapa tipe. Berikut adalah jenis-jenis rumah adat khas Sumatera Barat.

Rumah Gadang Gajah Maharam

Rumah Adat Sumatera Barat Dan Keunikan Menurut Sejarah

Rumah Gadang Gajah Maharam disebut sebut sebagai rumah adat Sumatera Barat yang paling mewah diantara yang lainnya karena memiliki ukuran yang sangat luas dan desain yang megah seperti rumah untuk kerajaan. Selain itu pembangunannya pun cukup unik karena posisi rumah diharuskan menghadap ke arah utara serta.

READ :  17 Link Twibbon Hari Batik Nasional 2021 Terbaru

Serta pada bagian dinding rumah yang menghadap ke timur, barat dan selatan harus ditutupi dengan sasak. Pada seluruh bagian rumahnya menggunakan bahan kayu-kayu yang memiliki kualitas tinggi seperti kayu ruyung, surian, dan juar. Tentunya hal ini membuat banguna terkesan mewah serta aesthetic.

Rumah Gadang Gonjong Limo

Rumah Adat Sumatera Barat Dan Keunikan Menurut Sejarah

Rumah Gadang Gonjong Limo memiliki bentuk yang hampir mirip dengan rumah gadang maharam, namun bedanya tidak terdapatnya ruang anjung seperti yang ditemukan pada rumah gadang lainnya. Nama rumah gadang ini diambil dari nama daerah yang terdapat di Kota Padang yaitu Luhak Limo.

Yang membuat rumah Gadang Gonjong Limo unik adalah adanya tambahan gonjong di sisi kiri dan kanan rumah yang ukurannya lebih kecil dari bentuk biasanya. Atapnya juga terdiri dari lima bagian yang memiliki ujung runcing di setiap sisinya, membuat model rumah ini menonjol jika dilihat dari kejauhan.

Rumah Gadang Gonjong Limo memiliki banyak ruangan dengan fungsi yang berbeda-beda seperti digunakan untuk upacara adat tertentu atau hanya sebagai tempat berkumpul keluarga dan sanak saudara. Tidak hanya itu, rumah ini juga memiliki gonjong yang dibangun di depan rumah sehingga rumah adat ini terlihat megah dan megah.

READ :  18++se× 2018 Japanese Video Bokeh Full Museum Internet Hot

Rumah Gadang Batingkek

Rumah Adat Sumatera Barat Dan Keunikan Menurut Sejarah

Rumah Gadang Batingkek (Rumah Gadang Bertingkat) merupakan rumah adat Sumatera Barat dengan bentuk yang bertingkat sesuai dengan namanya. Model bentuk bangunannya juga hampir mirip dengan rumah gadang maharam namun dengan bentuk yang lebih besar.

Model bangunan Rumah Gadang Batingkek terdiri dari gonjong bertingkat. Gonjong memiliki bentuk melengkung ke atas yang runcing. Selain itu, terdapat dua buah gonjong yang menghadap ke depan rumah dan berfungsi sebagai jendela atau penjaga rumah.

Dibandingkan dengan rumah adat lainnya di Indonesia, ukuran rumah ini lebih besar, sehingga tidak heran jika rumah ini terlihat agak tua dan kuno. Meski begitu, bentuk bangunan rumah ini terkesan kokoh, sehingga dipercaya mampu menahan gempa sekalipun.

Rumah Gonjong Anam

Rumah Adat Sumatera Barat Dan Keunikan Menurut Sejarah

Rumah Gonjong Anam memiliki desain yang lebih modern dari rumah gadang lainnya, namun tetap mempertahankan adat keaslian bentuk rumahnya. Desain bentuk atapnya pun hampir mirip dengan rumah adat gajah maharam.

READ :  Kumpulan Videos Yandex 2020 Indonesia Terpopuler Asli No Sensor

Yang membuat rumah Gonjong Anam ini lebih unik dari rumah lainnya adalah penambahan ukiran khas Minangkabau pada bagian samping rumah dan fitur bangunan serambi. Terdapat lebih banyak jendela sehingga mempercepat proses pertukaran udara dan cahaya dapat dengan mudah masuk ke dalam rumah.

Selanjutnya salangko atau atap basement rumah yang digunakan untuk membangun rumah ini juga terbuat dari papan, bukan bambu seperti rumah gadang lainnya. Keistimewaan lain yang membedakan rumah ini adalah adanya tambahan gonjong di sisi kanan dan kiri rumah, sehingga semakin indah jika dilihat dari luar.

Penutup

Demikianlah yang dapat kami sampaikan mengenai artikel Rumah Adat Sumatera Barat Dan Keunikan Menurut Sejarah semoga bermanfaat. Jangan lupa antikan informasi terbaru berikutnya di situs bacaaja.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *