Bagaimana Cara Menggunakan Google Analytics dan Apa itu Google Analytics

Diposting pada

BacaAJA.id Jika masih ada yang bertanya – tanya mengenai Google Analytics, admin akan mengulas mengenai Bagaimana Cara Menggunakan Google Analytics dan Apa itu Google Analytics.

Google Analytics adalah layanan Google gratis yang menampilkan statistik tentang pengunjung situs web. Google Analytics dapat melacak pengunjung berdasarkan mesin pencari, iklan, jaringan Payperclick, pemasaran email, dan informasi halaman bantuan seperti tautan yang disematkan dalam dokumen PDF.

Untuk AdWords, Google Analytics juga membantu menganalisis kinerja iklan AdWords yang berjalan di Google. Google Analytics membantu pengguna menemukan iklan dan kata kunci yang paling sering mereka kunjungi di situs web Anda. Anda dapat mengakses aplikasi Google Analytics di google.com/analytics/.

Google Analytics juga digunakan untuk menentukan kepadatan lalu lintas situs web/blog Anda. Anda dapat menggunakan Google Analytics untuk menghasilkan laporan lalu lintas situs web/blog harian, mingguan, atau bulanan. Anda hanya perlu mendaftarkan akun Google Anda dengan Google Analytics.

Bagaimana Cara Menggunakan Google Analytics dan Apa itu Google Analytics

Cara Menggunakan Google Analytics

1. Realtime

Anda dapat melihat metrik web secara real time dari menu Live > Browse. Selama waktu ini, Anda dapat membuka Internet, aplikasi, atau perangkat untuk langsung mengakses data yang direkam. Semua data di atas disajikan dalam format yang disederhanakan. Untuk tampilan yang lebih lengkap, Anda dapat mengakses submenu Lokasi, Sumber Lalu Lintas, Konten, Peristiwa, dan Konversi dari bagian Live Streaming. Halaman ikhtisar menampilkan beberapa data antara lain:

  • Top referral
  • Top social traffic
  • Top keywords
  • Top active pages
  • Top locations
  • Pageview per menit
  • Pageview per detik
  • Jumlah user yang membuka web secara realtime
  • Pembagian user berdasarkan device yang digunakan untuk akses web (dekstop vs. mobile)

2. Audience Demographics

Anda dapat mengetahui segalanya dengan Google Analytics. Dibandingkan dengan empat menu utama lainnya, penontonnya sangat lengkap. Untuk melihat atau mendapatkan ringkasan data target Anda dengan cepat, pilih Audiens > Telusuri. Selain data di atas, Anda dapat menemukan informasi spesifik tentang audiens Anda. Klik Audiens > Demografi untuk melihat jenis kelamin dan usia audiens Anda. Anda juga dapat menemukan topik yang disukai audiens Anda di Audiens > Minat. Anda dapat menggunakan menu ini untuk melihat topik yang menarik bagi pengunjung Anda (kategori afinitas), produk yang diminati dan siap dibeli oleh pengunjung Anda (segmen InMarket). Pada bagian ini, Anda dapat melihat data berikut:

  • Bounce rate/sesi pantulan
  • Demografi berdasar bahasa, negara, dan kota
  • Sistem operasi yang digunakan
  • Informasi sistem operasi ponsel yang dipakai audiens
  • Jumlah pengguna
  • Jumlah tayangan halaman
  • Jumlah pengguna baru
  • Jumlah halaman dibuka dalam satu sesi
  • Jumlah sesi
  • Jumlah sesi per pengguna

3. Visitors

Jangan berfikir bahwa Anda tidak dapat melacak interaksi pengunjung dengan konten web. Anda dapat menggunakan Audiens> Perilaku untuk melihat bagaimana audiens Anda benar-benar bereaksi terhadap setiap halaman situs web Anda. Mengetahui data ini sangat penting, jadi mari kita lihat lebih dekat bagian ini. Bagian ini menjelaskan lima jenis data.

  • Conversion Probability
  • Engagement
  • Frequency vs. Recency
  • New vs. Returning
  • Quality Session

Conversion Probability

Conversion Probability

Google tidak hanya menilai kualitas sesi Anda, tetapi juga menghitung kemungkinan konversi audiens. Seperti metrik sebelumnya, Google memberi peringkat pada skala 1100. Semakin kecil nilainya, semakin kecil kemungkinannya untuk dikonversi. Sebaliknya, nilai yang tinggi berarti kemungkinan konversi yang tinggi. Tanggal penghitungan masih dalam versi beta. Google mungkin memerlukan setidaknya 1000 transaksi penjualan untuk menganalisis tingkat konversi. Opsi ini tidak tersedia di Google Analytics jika Anda belum mencapai jumlah transaksi minimum, atau jika Google tidak yakin dengan hasil analisis Anda.

Engagement

Engagement

Engagement memungkinkan Anda menemukan dua jenis data. Yang pertama adalah tentang durasi sesi. Selanjutnya, kedalaman halaman. Google akan mencantumkan sesi untuk durasi yang ditentukan dalam Durasi Sesi. Misalnya, sesi adalah 0-10 detik, 11-30 detik, 31-60 detik, dan seterusnya. Anda dapat melihat jumlah sesi dan tampilan halaman untuk setiap rentang sesi. Kedalaman halaman mewakili jumlah halaman yang dibuka dalam sesi. Anda juga dapat melihat jumlah sesi dan tampilan halaman dalam kategori Kedalaman Halaman dan Waktu Sesi.

READ :  Download Video Aj Raval Viral On Twitter Full Movie

Frequency vs. Recency

Frequency vs. Recency

Frekuensi mengacu pada berapa kali pengunjung kembali ke pengunjung web pada waktu tertentu. Google mencatat setiap kali prospek mengunjungi website Anda. Misalnya, pengunjung mengunjungi situs web Anda empat kali seminggu. Google membagi setiap sesi dan menghitungnya satu per satu. Setiap sesi disebut “1st session”, “2nd session”, “3rd session”, dan seterusnya.

New vs. Returning

Bagaimana Cara Menggunakan Google Analytics dan Apa itu Google Analytics

Mencari tahu berapa banyak pengunjung atau pemirsa unik yang mengunjungi web untuk pertama kalinya. Selain itu, Anda dapat mengetahui berapa banyak pengunjung setia yang Anda miliki. Anda tidak bisa hanya mengetahui angka mentahnya. Kedua kategori data tersebut mencakup deskripsi mendetail tentang rasio pentalan, jumlah halaman per sesi, dan durasi rata-rata per sesi. Semua informasi ini berguna untuk membandingkan perilaku kelompok sasaran lama dan baru.

Quality Session

Bagaimana Cara Menggunakan Google Analytics dan Apa itu Google Analytics

Sesuai dengan namanya, Google menilai kualitas sesi pada skala 1 hingga 100. Semakin rendah angkanya, semakin rendah kualitas sesinya. Dengan kata lain, sesi semakin jauh dari transaksi. Di sisi lain, semakin tinggi biayanya, semakin baik kualitasnya dan semakin dekat Anda dengan bisnis tersebut. Google juga menghitung sesi, sesi transaksional, dan sesi non-transaksional untuk setiap pengukuran kualitas sesi. Ini memungkinkan Anda melihat tren dalam kunjungan yang menghasilkan konversi.

4. Overall traffic

Volume trafic merupakan aspek penting yang perlu diperhatikan. Data ini menunjukkan jumlah kunjungan ke situs web Anda selama periode waktu tertentu. Anda dapat melihat popularitas internet di sini. Namun, jumlah lalu lintas berbeda dengan jumlah pengunjung unik. Di bagian ini, Google hanya menghitung halaman yang dibuka. Jika pengunjung mengunjungi halaman hingga 10 kali, jumlah itu juga dihitung. Anda dapat melihat semua traffic dengan mengklik menu Attract > All Traffic. Di bagian Lalu Lintas Total, saluran, struktur pohon, sumber / saluran, dan referensi dipilih. Anda dapat menggunakan keempat parameter ini untuk melihat lebih dekat pada lalu lintas web.

Misalnya, di bagian Saluran, Anda dapat melihat saluran pemasaran mana yang berkontribusi pada lalu lintas web. Ini dijelaskan secara rinci di bagian Sumber Lalu Lintas atau Sumber Lalu Lintas. Bagian peta pohon atau peta hierarki menyediakan panduan visual untuk melacak tren lalu lintas di Internet. Tampilan seperti ini lebih intuitif. Anda juga dapat menentukan tanggal yang relatif penting. Hubungan antara dua tanggal berbeda. Kemudian, pada opsi Sumber/Media atau Sumber/Media, terdapat juga daftar saluran pemasaran yang berisi sumber tertentu yang berkontribusi terhadap lalu lintas web. Misalnya, Anda dapat melihat jejaring sosial mana yang berfungsi dan cara kerjanya (disarankan, CPC, atau generik). Opsi terakhir adalah “rujukan” atau “rujukan” yang menyertakan alamat situs web. Alamat web yang disebutkan mungkin berisi tautan ke situs web Anda.

5. Traffic Source

Ada beberapa cara untuk mengakses situs tersebut. Cara paling umum adalah mengetikkan URL ke bilah alamat browser Anda. Namun, pengunjung juga dapat menemukan Internet melalui mesin pencari, backlink, atau situs web lain yang menyediakan iklan. Pelajari cara pengunjung menggunakan Google Analytics. Mengetahui data ini, Anda dapat memperkirakan sumber lalu lintas. Data juga dapat digunakan sebagai pertimbangan saat menerapkan strategi periklanan atau berinteraksi dengan audiens. Untuk menemukan sumber lalu lintas situs web Anda, klik Sumber Lalu Lintas > Semua Lalu Lintas > Saluran. Lagi pula, Google Analytics memiliki 4 sumber lalu lintas. Empat di antaranya adalah generik, langsung, rujukan, dan sosial. Berikut penjelasannya.

  • Organic ━ Trafik yang didapatkan dari hasil pencarian di mesin pencari semacam Google, Bing, Yahoo!.
  • Direct ━ Trafik berasal dari URL yang langsung diketikkan di address bar browser.
  • Refferals ━ Memuat daftar website atau channel yang mengirimkan trafik pada web.
  • Social ━ Mendaftar media sosial apa saja yang mengirimkan trafik pada website kalian.

Selain keempat sumber di atas tersebut, ada juga pencarian berbayar dan email. Kedua sumber trafic ini biasanya hanya ditemukan di situs web bisnis dan e-niaga. Pencarian berbayar adalah traffic dari iklan. Email adalah lalu lintas yang Anda dapatkan saat Anda melampirkan URL web ke buletin atau pemasaran email Anda.

6. Website Speed

Selain Google PageSpeed ​​​​Insight dan alat lainnya, Anda dapat menggunakan Google Analytics untuk memeriksa kecepatan situs web Anda. Untuk melakukan ini, cukup klik Perilaku> Kecepatan Situs. Jika ingin tampilan yang simpel, Anda bisa memilih menu Overview atau Overview. Waktu buka untuk setiap halaman juga tercantum di bagian Waktu Halaman atau Waktu Halaman. Google juga sengaja mengurutkan halaman populer untuk menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat. Google juga memberikan rekomendasi untuk memuat seluruh halaman. Klik bagian Saran Kecepatan. Pilih halaman yang ingin Anda ketahui lebih lanjut. Kemudian klik link pada kolom Recommended Page Load Speed. Ini akan membawa Anda langsung ke pop-up Google PageSpeed ​​​​Insights nanti. Munculan ini menganalisis situs web yang diminta. Anda akan segera menerima saran pekerjaan yang dapat mempercepat unduhan Anda. Berikut adalah beberapa data yang ditampilkan pada halaman ringkasan .

  • Kecepatan situs berdasarkan browser, negara, dan halaman
  • Waktu Sambungan Server Rata-rata
  • Waktu Respons Server Rata-rata
  • Waktu Muat Halaman Rata-rata
  • Waktu Pengalihan Rata-rata
  • Waktu Download Halaman Rata-rata
  • Waktu Pemeta Domain Rata-rata

Akhir Kata

Demikian saja penjelasan dari admin mengenai Google Analytics, semoga dapat membantu kalian semua dan dapat bermanfaat.

READ :  Link Jugraj Singh Jabbowal Video Viral Leaked Mp4

Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *